Rabu, 13 Oktober 2010

Tentang Bebek Tercepat Di Dunia

tentang saya :  suka kebut" an di jalan.
Nama/Nrp: Edward/210180197

SATRIA F 150 / RAIDER R 150
Satria f 150 pertama muncul pada awal 2005, itu juga masijh kira-kira. tahun 2004 sebenarnya sudah ada si Satria f 150, cuma masih berstiker atau berlabel RAIDER R 150, tuh di negara asalnya, di Thailand, pada 2004 tu belinya harus dari importir umum.Imagenya dari tahun ke tahun terus menguat, trust Konsumen terhadap The fastest Underbone ini meningkat cukup fenomenal . basis mesin satria F, 150cc 4tak DOHC(Double Over Head Camshaft), 4 Valve.  

Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. 
Gitu juga di motor yang bisa dibilang lagi booming" nya saat ini.... Pasti ada aja problemnya, baik ringan atau berat. Contoh di Suzuki Satria FU 150. Sosok dan performa emang oke, tapi ada beberapa hal dikeluhkan pemiliknya, termasuk saya sendiri. Di antara nya :

Karburator Vacum
Banyak ditemui mengeluarkan bensin atau banjir, Indikasi lain, besutan sulit langsam. Bahkan tarikan juga mbrebet. karena karet vakum di karbu yang menempel pada skep itu sobek. (tapi selama saya paki belum pernah sobek, hanya kurang mantap saja karburator vakum). Indikasi lain penyebab karet vakum koyak, diakibatkan oleh gesekan kotoran yang menempel di peranti itu. Karena lewat celah yang sobek itu, bisa kemasukan air atau udara, sehingga campuran bahan bakar dan udara jadi kacau. Hasilnya motor sulit digas sekaligus, karena terasa seperti bensin Ngucur atau mbrebet.

Nah, soal karbu banjir, biasanya dikarenakan jarum pelampung termakan atau aus. Hasilnya pelampung yang bertugas mengatur kapasitas bensin masuk dan keluar jadi tidak sesuai kebutuhan. Kadang melebihi batas takarannya. Kalo langsam tak beraturan, Itu karena jarum skep aus. Pemicunya sama, bisa karena usia pemakaian dan faktor kotoran. Sehingga kerja jarum pun jadi tak maksimal lagi. Kalo sudah begitu, jarum skep harus diganti baru.

Kaki-Kaki
Saat motor itu didorong terasa berat atau seret. bisa saja bearing roda atau pun rantai dan gir yang sudah tidak berfungsi normal lagi, perlu di lakukan penggantian akan bearing tsb. Misal rantai kendur atau matanya sudah aus, tergerus gigi sproket. begitu juga di girnya, sudah tajam. 

Hasilnya, peranti penggerak ini susah disetel. Mau tak mau harus diganti baru.
Kemudian bearing. Jika komponen ini sudah afkir, akan menyebabkan bunyi-bunyian di bagian roda. Efek lain, bisa memicu piringan cakram speleng.
Sebab perputaran cakram jadi gak rata. Jadi segera dibetulkan dan diganti baru, sebelum merembet ke komponen lain

TIPS-TIPS Enak buat harian, ato kenceng" an, yang pernah saya pakek.

Karburator
PE 28
28mmslidecarb(kotak)



lebih jozz ganti karbu std Fu dgn karbu ukuran 28mm, teserah mau pake pe, pwk,dan sejenisnya. ukuran 28 pas buat harian, karena karbu yang dipakai satria bertipe vakum dan berukuran 26mm.  Kabel gas juga harus diperhatikan, karena kabel gas bawaan Fu pasti bakalan susah kalau di pakai ke karbu 28. Solusinya pake kabel gas yang cocok atau pake kabel gas punya shogun\
CDI 

Ganti Cdi orisinil nya, Karena satria F sekalian yg suka dibawa ngebut pasti kecewa deh kalau pake Cdi bawaan . Cdi bawaan Satria F bersifat limiter (dibatasi rpm) yg kalau udah masuk rpm 11 Rb nyekek mesin atau triak", solusinya ganti dgn yg aftermarket (contoh : Rextor, BRT, Xp, Shindengen etc). pokoknya setelah ganti CDi, tarikan semakin mantaB dahh, Tapi aku saranin sih kalau udah ganti cdi racing, sekalian ganti per klep, soalnya ada kejadian piston nabrak camshaft gara - gara pake cdi racing tapi per klep nggak di ganti. Satu lagi jangan lupa pake bensin yang oktannya tinggi (pertamax), karena percuma kalau mesin udah bagus tapi pembakaran rendah

kanlpot 
nih gambarnya langsung dari motor ku sebelum IA pergi meninggalkan saya... TT hahahahaha
  
intinya, biar pembuangan nya semakin ngelos, dan performa mesin motor semakin mantab. semua yang di atas telah saya buktikan dan Hasilnya.....
MANTAB
 

Spek motor ku dulu
  1.  neh dia pake stang posh thailand, Dulu... nyari stang jepit ukuran 26mm susah bgt, skrg dah gampang ditemuin di mana". 
  2. trus pake foot step underbone yoshimura gold, ya nih rasanya kw2 lah. kw 1 nya aja 1jt lebih, yang jelas enak dah buat kenceng"an, posisi dah enak didapet, apa lagi pake stang yang uda diganti lebih nunduk,(yang jelas capek nyetir jauh")
  3.  knalpot pake ahrs yang bulet, yah walau suaranya gak sebulet barunya... hehehehehe, per kopling dan per klep pake brt
  4. ban nya ak kasi kecil, dari ukuran standart nya 2.50-2.75  jadi 2.25-2.50
  5. selebor belakang ganti model runcing, bagus sih, tapi kasian kalo ujan...yang dibonceng bajunya jadi kenak lumpur" ato cipratan air
 
DAN FAKTA DARI SPEEDOMETER SATRIA F150
meskipun pada waktu satria F di "kontak" alias di mau nyalain mesin nya, pertama" kan pasti masukin kunci trus di "kontak". Nah speedometernya kan digital, meskipun terlihat angka 188, tetapi sebenarnya speedometer ini hanya bisa menunjukan kecepatan hingga 160 saja, meskipun putaran gas masih bisa ditambah. itu yang pernah saya coba di trek lurus

kalau masih merasa kurang kenceng ganti aja motor ini
neh motor yang prnh aku coba sndiri 180km/h, bisa nmbah lagi kalau part" nya diganti", sprt, knalpot,per kopling, karburator. yang jelas pasti lebih ngucur dah tuh bensin nya. dari pada pake satria F trus di modif mesinnya habis" an, yang ada malah gak bisa dipake harian. hahahahahahahahaha









 
                









Tidak ada komentar: