Rabu, 13 Oktober 2010

bikin lampu makin OKE


pake HID pada motor, membuat jarak pandangan menjadi sangat" terang, jauh lebih terang dari lampu standart" hanya saja harga nya yang masih mahal, karena kualitasnya. Ada hid yang murah tapi kualitasnya jelek sekali, mudah putus lampunya.
juga ada yang memakai konsep mobil eropa, angle eyes, tampak seperti pada gambar 1, memakai angle eyes, tampak lebih elegan dan lebih bagus.

RAIDER R / SATRIA F YOSHIMURA EDITION

pas launching pertama kali, yang tampil si satria versi yoshimura.
neh undercowl model nya RAIDER. beda sama fu indo


spidonya standar, tapi ditambah takometer digital yoshimura.

nih rasanya filternya karbu

suspensi depan masih standar, ditambahin lagi stabiliser (sok damper)

kaliper rem, piringan dan peleknya standar

rante RK plus gir warna gold. racing banget

karburatornya warnanya hitam legam, mereknya yoshimura juga,

neh yang asli MAHAL BANGETTTTT

kalau buat harian sih jangan di beginiin, gelap kalo malem. tapi keren juga hahahaha
asli japan, underbone bisa berjuta". bujubunengggg


neh keseluruhan nya, keren abis dah. sekarang dah lumayan banyak orang yang modif body motor FU nya jadi beginian


yang suka DRAG bisa smpe 210cc UP

Neh broo, Satria yang sebelumnya 150 cc ini, diisi  piston 70 mm buatan Izumi(teserah sih, hehehe) yang asli nya hanya 62mm

Itu artinya, ada perbesaran diameter piston 8 mm dari standarnya. naikin stroke atau langkah piston, dari 48,8 mm, dinaikan 8 mm. Totalnya jadi 56,8 mm
Sekarang mari dihitung! Dengan diameter piston 70 mm dan stroke 56,8 mm, maka kapasitas mesin sekarang jadi 218,2 cc. Meski bore up yang dilakukan cukup ekstrem, modif yang diterapkan masih tergolong aman buat harian kok, neh caranya



COAKAN PISTON DAN KLEP

Karena mengaplikasi mesin DOHC, maka Suzuki Satria F-218 ini dilengkapi 4 klep (2 klep masuk dan 2 klep buang). Begitunya, perbesaran klep yang dilakukan jadi terbatas.
Saat ini, klep buat Satria F ini mentok di 24 mm (in) dan 22 mm (ex),  jelas Opick, salah satu mekanik Lucky Motor. So, klep aftermarket yang sebelumnya punya diameter 28 mm dan 24 mm dipapas mengikuti batasan akhir itu.

Dengan pembesaran klep, itu artinya kubah alias dome piston ikut disentuh. Kalau nggak, bisa mentok katup alias klep dong. Akhirnya, permukaan piston dicoak sekitar 32º buat yang posisi klep isap dan 30º di klep buang.

NOKEN-AS DAN SIM CBR

Agar durasi klep lebih lama, noken-as ikut digerus. Tapi yang penting, buat klep isap saya papas 1 mm dan klep buang dipapas 0,7 mm
Trik yang dilakukan untuk mengejar tenaga di putaran atas. Tapi konsekuensinya, kerenggangan klep pun jadi lebih jauh. Nah, mengatasi masalah ini, Opick mengandalkan sim klep milik Honda CBR 150.
Sim klep CBR lebih tebal. Mesin jadi gak berisik, Nggak perlu penyesuaian potong sana-sini, sim klep tinggal dipasang. Buat klep buang, ketebalan sim 2,42 mm. Sedang klep isap, 1,80 mm.

Menangani mesin panas


Satria F150 memang asik buat kebut"an, gesit di jalan macet dan tarikannya.... oke lah buat bebek 4 tak. Tapi biasanya pengemudi satria F150 standard dibikin kesel sama tunggangannya sendiri, pada saat mesin udah panas sang satria bisa tiba-tiba aja mati.
Kalau ditelusuri lebih lanjut, kayaknya gejala mati sang satria itu diakibatkan karena Pilot jet standardnya kekecilan. Ukuran pilot jet 12,5 dirasakan jauh sekali untuk memenuhi kebutuhan bensin sang bebek super ini. Minimal satria standard dengan knalpot standard memakai pilot jet ukuran 15. Harga yang dibutuhkan untuk menebus spuyer Samsh ukuran 15 atau shogun ukuran 17,5 asli Suzuki sekitar Rp. 45.000 ,- Dengan merogoh kocek tak terlalu dalam si Tunggangan yang asik di buat ngebut" udah bisa diajak maen panas-panasan mesin.

Bagi pemilik satria Fu dan seANGKTAN nya. hehehehehe...
neh cara mudah bagi mreka yang merasakan mesin nya cepat panas dan mudah mati" saat mesin terlalu panas.
cekitdot

Belilah kipas yang ada di toko" komputer. teserah mau yang biasa ato yang ada lampu" nya. tapi lebih menarik kalau ada lampu" nya. coba pasangkan di depan oil cooler satria F. cari tempat yang proposional, tidak mudah jatuh dsb.
Kabel merah dari kipas sambungkan ke saklar kecil, lalu dari saklar saya sambungkan ke kabel orange di batok lampu. Kabel hitam dari kipas saya sambungkan ke bodi motor (atau bisa ke kabel (-) di batok motor) Gampang kan?.... gampang....kalo jalanan sedang macet yang membuat potensi mesin menjadi panas, saya tinggal nyalakan kipas dengan mengubah posisi saklar menjadi On.
neh kebetulan ngak nyala kipasnya

Tentang Bebek Tercepat Di Dunia

tentang saya :  suka kebut" an di jalan.
Nama/Nrp: Edward/210180197

SATRIA F 150 / RAIDER R 150
Satria f 150 pertama muncul pada awal 2005, itu juga masijh kira-kira. tahun 2004 sebenarnya sudah ada si Satria f 150, cuma masih berstiker atau berlabel RAIDER R 150, tuh di negara asalnya, di Thailand, pada 2004 tu belinya harus dari importir umum.Imagenya dari tahun ke tahun terus menguat, trust Konsumen terhadap The fastest Underbone ini meningkat cukup fenomenal . basis mesin satria F, 150cc 4tak DOHC(Double Over Head Camshaft), 4 Valve.  

Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. 
Gitu juga di motor yang bisa dibilang lagi booming" nya saat ini.... Pasti ada aja problemnya, baik ringan atau berat. Contoh di Suzuki Satria FU 150. Sosok dan performa emang oke, tapi ada beberapa hal dikeluhkan pemiliknya, termasuk saya sendiri. Di antara nya :

Karburator Vacum
Banyak ditemui mengeluarkan bensin atau banjir, Indikasi lain, besutan sulit langsam. Bahkan tarikan juga mbrebet. karena karet vakum di karbu yang menempel pada skep itu sobek. (tapi selama saya paki belum pernah sobek, hanya kurang mantap saja karburator vakum). Indikasi lain penyebab karet vakum koyak, diakibatkan oleh gesekan kotoran yang menempel di peranti itu. Karena lewat celah yang sobek itu, bisa kemasukan air atau udara, sehingga campuran bahan bakar dan udara jadi kacau. Hasilnya motor sulit digas sekaligus, karena terasa seperti bensin Ngucur atau mbrebet.

Nah, soal karbu banjir, biasanya dikarenakan jarum pelampung termakan atau aus. Hasilnya pelampung yang bertugas mengatur kapasitas bensin masuk dan keluar jadi tidak sesuai kebutuhan. Kadang melebihi batas takarannya. Kalo langsam tak beraturan, Itu karena jarum skep aus. Pemicunya sama, bisa karena usia pemakaian dan faktor kotoran. Sehingga kerja jarum pun jadi tak maksimal lagi. Kalo sudah begitu, jarum skep harus diganti baru.

Kaki-Kaki
Saat motor itu didorong terasa berat atau seret. bisa saja bearing roda atau pun rantai dan gir yang sudah tidak berfungsi normal lagi, perlu di lakukan penggantian akan bearing tsb. Misal rantai kendur atau matanya sudah aus, tergerus gigi sproket. begitu juga di girnya, sudah tajam. 

Hasilnya, peranti penggerak ini susah disetel. Mau tak mau harus diganti baru.
Kemudian bearing. Jika komponen ini sudah afkir, akan menyebabkan bunyi-bunyian di bagian roda. Efek lain, bisa memicu piringan cakram speleng.
Sebab perputaran cakram jadi gak rata. Jadi segera dibetulkan dan diganti baru, sebelum merembet ke komponen lain

TIPS-TIPS Enak buat harian, ato kenceng" an, yang pernah saya pakek.

Karburator
PE 28
28mmslidecarb(kotak)



lebih jozz ganti karbu std Fu dgn karbu ukuran 28mm, teserah mau pake pe, pwk,dan sejenisnya. ukuran 28 pas buat harian, karena karbu yang dipakai satria bertipe vakum dan berukuran 26mm.  Kabel gas juga harus diperhatikan, karena kabel gas bawaan Fu pasti bakalan susah kalau di pakai ke karbu 28. Solusinya pake kabel gas yang cocok atau pake kabel gas punya shogun\
CDI 

Ganti Cdi orisinil nya, Karena satria F sekalian yg suka dibawa ngebut pasti kecewa deh kalau pake Cdi bawaan . Cdi bawaan Satria F bersifat limiter (dibatasi rpm) yg kalau udah masuk rpm 11 Rb nyekek mesin atau triak", solusinya ganti dgn yg aftermarket (contoh : Rextor, BRT, Xp, Shindengen etc). pokoknya setelah ganti CDi, tarikan semakin mantaB dahh, Tapi aku saranin sih kalau udah ganti cdi racing, sekalian ganti per klep, soalnya ada kejadian piston nabrak camshaft gara - gara pake cdi racing tapi per klep nggak di ganti. Satu lagi jangan lupa pake bensin yang oktannya tinggi (pertamax), karena percuma kalau mesin udah bagus tapi pembakaran rendah

kanlpot 
nih gambarnya langsung dari motor ku sebelum IA pergi meninggalkan saya... TT hahahahaha
  
intinya, biar pembuangan nya semakin ngelos, dan performa mesin motor semakin mantab. semua yang di atas telah saya buktikan dan Hasilnya.....
MANTAB